persamaan dan pertidaksamaan: kreativitas dan inovasi

hello again!

Mengingat tanggal hari ini, 14 Februari, umumnya dirayakan sebagai Valentine’s Day atau hari kasih sayang (bagi yang merayakan), maka saya ucapkan HAPPY VALENTINE’S DAY!!

Pertemuan kelas Creativity and Innovation tadi mengulas lebih dalam tentang makna kreativitas (dan diselingi dengan inovasi). Karena itu, saya akan membahas persamaan dan perbedaan (kalau rumus matematika=pertidaksamaan) dari KREATIVITAS dan INOVASI. Check it out!

PERSAMAAN

  1. Baik Kreativitas ataupun Inovasi melewati proses generating ideas.
  2. Kreativitas dan Inovasi merupakan hubungan sebab-akibat. Inovasi biasanya disebabkan oleh adanya kreativitas dan tanpa kreativitas inovasi sulit dihadirkan. Tapi inovasi tidak mutlak disebabkan oleh kreativitas.
  3. Dari kreativitas dan inovasi, sesuatu yang BARU dimunculkan atau disalurkan
  4. Kreatif dan inovatif sama-sama menginspirasi manusia dalam pola pikir, attitude maupun behavior (inspiring people)
  5. Sikap kreatif dan inovatif merujuk ke hal-hal positif. Sebagian besar hasil kreativitas dan inovasi merupakan produk/proses/ide yang bermanfaat bagi manusia hingga membuat hal-hal menjadi lebih simpel dan mudah
  6. Karakter kreatif dan inovatif merupakan karakteristik personal yang harus ada di dalam diri kita sebagai calon businessman dan businesswoman masa depan!

PERTIDAKSAMAAN

  1. Kreatif berarti melakukan atau mengembangkan sesuatu dengan CARA BARU. Inovatif berarti memunculkan SESUATU YANG BARU dari dasar yang sudah ada.
  2. BARU dari kreativitas adalah pengembangan sesuatu yang baru.Makna BARU dalam inovasi berarti newness (kebaruan), bukan original
  3. Kreativitas digunakan untuk menunjuk kepada tindakan penghasilan ide-ide baru, sedangkan inovasi merupakan proses pembuatan dan penghasilan uang dari ide-ide kreatif pada beberapa konteks tertentu.
  4. Kreativitas adalah titik awal dari inovasi. Inovasi merupakan kerja keras yang mengikuti pembentukan ide

 

 

 

 

 

 

Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tapi berpikir dengan cara yang berbeda. Kreativitas menghasilkan perbedaan, sehingga orang kreatif bisa stand out of the crowd, tampil diantara kerumunan orang dengan pemikiran out of the box. Perbedaan membuat peluang baru terbuka.

Syarat kreatif:

  • Melibatkan respon/gagasan baru
  • Memecahkan persoalan dengan realistis
  • Mengembangkan orisinalitas
  • Berpikir dengan divergen: flexibility, originality, fluency
  • Berpikir analogis: tidak konvensional, mampu melihat yang tidak terlihat

Sedangkan, Inovatif adalah kemampuan untuk menemukan nilai komersil dari kreativitas. Inovasi menambah added value sehingga membuat kreativitas tidak cukup untuk meraih sukses. Kreatif hanya membuat perbedaan, inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil.

Syarat inovasi:

  • Menghasilkan produk yang bermanfaat bagi lingkungannya
  • Menghasilkan produk yang relatif baru
  • Menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan individu maupun kelompok

Saya pikir, keduanya merupakan kata sifat positif yang sangat diperlukan bagi tiap orang untuk berpikir dan berkreasi agar menciptakan sesuatu yang (lebih) hebat. Tetapi tidak ada salahnya untuk terus mengasah, bukan?

Salam kreatif! Salam inovatif!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s