innovative company: google!

hello hello!

Kembali lagi di wadah pemikiran kreatif ini. Dalam rangka menjelang Ujian Tengah Semester, saya akan mengerahkan jiwa dan tenaga untuk membuat tulisan ini. Mulai!

Pernah dalam tulisan saya sebelumnya saya sebut bahwa GOOGLE adalah salah satu wujud inovasi terbaik yang pernah ada di dalam hidup ini. Tidak berlebihan, tidak terlalu mengelu-elukan. Memang eksistensi GOOGLE sehebat itu di mata saya, dan saya yakin juga bagi seluruh umat manusia di bumi ini. Siapa yang bisa bilang GOOGLE tidak berguna???

Okay, mari kita ulas GOOGLE dalam bentuk company nya. Dibentuk pada tahun 1998, lulusan Stanford University Larry Page dan Sergey Brin memformalkan hasil karya mereka dari berawal 2 komputer sederhana yang ada di kamar dorm mereka menjadi sebuah salah satu company terbesar di jagad raya.

GOOGLE TECHNOLOGY INNOVATION

Perusahaan ini memang berbasis teknologi. Jadi semua hal yang berkaitan dengan GOOGLE, berbaringan dengan inovasi teknologi yang sebelumnya tidak ada yang memiliki kesempurnaan yang sama dengan GOOGLE, dan sampai sekarang belum ada yang menyaingi kesempurnaannya: termasuk Yahoo.

Perfect search engine. Mengenal kata GOOGLE pasti menyoroti search engine yang menjadi inovasi teknologi tercanggihnya.

“Before you even enter your query in the search box, Google is continuously traversing the web in real time with software programs called crawlers, or “Googlebots”. A crawler visits a page, copies the content and follows the links from that page to the pages linked to it, repeating this process over and over until it has crawled billions of pages on the web.

Next Google processes these pages and creates an index, much like the index in the back of a book. If you think of the web as a massive book, then Google‘s index is a list of all the words on those pages and where they‘re located, as well as information about the links from those pages, and so on. The index is parceled into manageable sections and stored across a large network of computers around the world.”

— Google

Jadi, sebelum kita mengetik kata kunci yang ingin dicari, GOOGLE telah memancarkan suatu bentuk sistem global yang membuat index seperti ada di buku. Jadi kata kunci yang kita ketik akan dibandingkan dengan seluruh index yang telah didapatkan oleh GOOGLE. Teknologi yang dibawakan GOOGLE membuat hasil pencarian muncul dalam sepersekian detik saja. Instant search ini berlandaskan teknologi yang tiap harinya disempurnakan agar lebih memuaskan para penggunanya, seperti:

  1. JavaScript Optimization.
  2. Better Caching
  3. User-State Data
  4. JSON (JavaScript Object Notation), instead of XML

Para engineer di GOOGLE corporation memang sangat pintar dalam membentuk sistem teknologi ini. Tapi jangan salah, orang yang membuat perumusan dan pengembangan ide nya lah yang lebih patut dibanggakan!

GOOGLE PROCESS INNOVATION

GOOGLE membuat hal-hal lebih efektif, efisien namun tetap memiliki manfaat yang tinggi. Ini terjadi karena GOOGLE menghasilkan inovasi proses yang sempurna (dan terus disempurnakan). Apa saja kah itu?

  • Speed. Kecepatan merupakan inovasi proses terbesar GOOGLE. Pencarian di search engine memiliki rata-rata respons 1/4 detik saja. GOOGLE memahami bahwa para pengguna search engine memprioritaskan kecepatan. Maka GOOGLE tidak akan menambah fitur-fitur baru yang akan melemahkan speed nya. GOOGLE malah menambah fitur baru yang membuat proses searching lebih cepat lagi. Smart coding menjadi dasar kecepatan pencariannya. Real-time processing membuat definisi “dunia ini transparan” lebih jelas lagi. Pengguna GOOGLE search pasti menjawab inovasi proses yang diberikan GOOGLE amat menyingkat waktu dan memberikan kepuasan lebih karena kecepatan ini.
  • Freshness. Melanjutkan pembahasan tentang Real-time Search, GOOGLE terus meng-update sumber-sumber yang akan menjadi tujuan searching kita. Jika dahulu GOOGLEBOTS meng-update dalam kurun waktu 3-4 bulan sekali, sekarang GOOGLE meng-update terus dalam hitungan detik. GOOGLE ingin kita mendapatkan berita, blog, dan status updates terbaru sesegera mungkin setelah mereka meng-update nya.
  • Comprehensiveness. Karena GOOGLE memiliki juta jutaan index, sangat bisa dikatakan bahwa inovasi proses dari GOOGLE menghasilkan relevansi dan komprenhesifan yang sangat tinggi. Tidak hanya web, tapi juga gambar, video, berita, buku, map, dan banyak hal lain

GOOGLE PRODUCT INNOVATION

 

Kalian belum mengenal GOOGLE jika hanya tahu GOOGLEsearch nya saja. Produk yang ditawarkan GOOGLE sangat lebih dari itu. GOOGLE memiliki webmail dalam bentuk GMAIL, dimana GOOGLE meng-highlight kecepatan dan sedikitnya spam yang mungkin masuk. Ada juga GOOGLE CHROME yang merupakan browser dengan karakteristik speed, stability dan security. Ada pula ANDROID yang merupakan operating system untuk telepon seluler subsidiary dari GOOGLE. GOOGLE EARTH merupakan program globe virtual sedangkan GOOGLE MAP lebih ke bentuk peta jalanan virtual. GOOGLEDOCS menjadi sarana sebuah grup untuk sharing dokumen agar dapat diakses oleh seluruh member. Dalam hal instant messaging, ada pula GOOGLE TALK yang mengangkat isu komunikasi dan messenger. GOOGLE ANALYTICS menginformasikan cara pengunjung menemukan dan berinteraksi dalam suatu situs. GOOGLE FINANCE menjadi media untuk mendapatkan real-time financial news, stock charts, currency conversion dan lain-lain.

Puluhan lebih produk yang GOOGLE tawarkan pada kita. Seluruhnya memiliki manfaat spesifik. Bravo Google!

GOOGLE BUSINESS MODEL INNOVATION

GOOGLE memiliki user-interface yang simpel, jelas dan minimalis.Tidak macam-macam, hanya logo GOOGLE dan sebuah search box – mudah dan cepat untuk di load. GOOGLE memiliki nilai plus plus plus Dibandingkan Yahoo dan search engine lainnya yang lebih seperti portal general, menimbulkan kebingungan, banyak advertisement dan useless links, sehingga lambat buat di load.

GOOGLE memiliki pengertian yang amat mendalam di psikologi persepsi, bagaimana mata dan otak bekerja, sedangkan kompetitor lainnya tidak. Intinya, ketika seorang pengguna mengunjungi sebuah search engine, dia akan mendapatkan simply apa yang dia mau. hanya search engine.

Itulah business model yang GOOGLE tawarkan, SESIMPEL ITU LOH!!! Tapi jangan anggap remeh, dalam sehari, dan di USA saja, ada 200 juta search queries yang ditujukan pada GOOGLE. Itu baru di USA. Bagaimana ditambah satu benua? satu dunia? dalam seminggu? sebulan? dan satu tahun?????????

in conclusion…

Hal yang paling saya kagumi dari Google Corporation adalah ide dan bentuk dari inovasi mereka sangat simpel, sangat logis, dan banyak yang menganggap remeh. Tapi pengaruh, manfaat dan kontribusi yang GOOGLE berikan ke seluruh dunia sangatlah besar. GOOGLE berhasil membuat suatu frase “just GOOGLE it”. Tidak hanya sebagai suatu brand atau company, tapi sebagai suatu “kata”, “istilah” yang ada di kehidupan sehari-hari. Sungguh fantastik. BRAVOOOO!!!


2 Comments on “innovative company: google!”

  1. Bayu says:

    Bravo! Extra points for you! Jangan lupa link nya di web pak. Apiq ya..

  2. angger says:

    Wow…memang keren!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s