bertugas di internet

Hello, saya kembali lagi!

Kali ini pembicaraannya lebih santai, mengenai bertugas di internet. Bukan berarti bertugas seperti hansip, no, no, no. Bertugas ini maksudnya menulis tugas, homework, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan akademik kuliah saya dan menghubungkannya dengan media Internet. Intinya, menulis di Internet! Seperti yang saya lakukan sekarang🙂

Dulu, bagi saya menulis itu bukan aktivitas yang preferable. Saya lebih memilih membaca bertumpuk-tumpuk buku dibanding menulis. Padahal, saya belum pernah mencoba untuk benar-benar menulis. Ckckckck, memang, berat di mulut saja. Tetapi, seiring berjalannya waktu dan semakin tinggi pendidikan, menulis itu bukan kegiatan free time. Menulis merupakan demand akademik!

Well, I’m not saying that sekarang ini saya menulis buat pelajaran Creativity + Innovation dengan terpaksa, tidak tidak, bukan seperti itu. Tapi, awal mula blog ini terbangun karena ada demand dari Pak Agus Nggermanto untuk berkarya kreatif di wordpress, begitu juga dengan tugas-tugas mata kuliah lain yang menuntut tulisan (walaupun bukan di blog, sih). Mata kuliah Creativity + Innovation memiliki cara kerja tugas yang paling unik, menurut saya. Tiap mahasiswa, secara individu dan dalam bentuk kelompok, harus berkarya dalam blog. Ini merupakan blog individu saya, yang saya sebut blog: the mind bin. Disebut mind bin karena blog ini menjadi luapan pikiran dan ide saya, saya tumpahkan ke bin ini.

 

Kesan pertama dalam menulis adalah..

what should i write?

what if i write it wrong?

what if people will not like it?

Yaaaa, benar sekali. Kegundahan diatas memang sempat terlintas di kepala saya sebelum memulai menulis. Tetapi, setelah judul tertulis dan kata pertama dimulai, SUBHANALLAH! LANCAR SEKALI INI JARIJARI! Luar biasa, saudara-saudara sekalian. Menulis menjadi hal yang meluap-luap dan membuat saya bersemangat mengetik lebih banyak lagi. Cool! (antara memuji keajaiban ini dan memuji diri sendiri).

Kegundahan saya tentang what if i write it wrong tidak lagi saya pikirkan. Bahasa jawanya sih, “wong ini tulisanku, sek karepku dewe mau gimana, kamu mau apa?!” hahahaa. Bukannya jadi sewot, tetapi tidak ada kata salah dalam menulis seperti ini di blog. Salah atau benar hanya ada di pelajaran eksakta, salah atau benar hanya ada di nilai, norma dan moral, itu pun juga masih bisa bergeser. Tapi kalau berkarya di blog, there is no wrong about it.

Kegundahan saya tentang what if people will not like it juga tidak muncul lagi. People have their own perspectives, don’t blame them for any dislikes. Hei, tetapi tunggu dulu. Komentar yang ada di blog saya bagus-bagus kok! Hahaha, thank you yaa para komentator. Kalian meng-encourage saya untuk berkarya dalam kata-kata lebih jauh lagi! Big thanks!

Mengetik sebuah tulisan di Internet saya akui sangat menyenangkan. Pengakuan ini saya tulis tanpa dusta, tanpa paksaan. Pertama, secara teknis, kita mengetik, bukan menulis dengan pulpen, memudahkan saya untuk mengalir begitu saja tanpa lelah. Kedua, menghadap laptop dan free thinking menstimulasi saya untuk super free writing!

Kuliah Creativity + Innovation lebih dari sekedar menaruh kata-kata di wordpress.com. Saya tidak setuju kalau dikatakan bahwa tugas-tugas blog mata kuliah ini basabasi belaka. Hey! Saya sedang tidak berbasa-basi, boss! Saya dan teman-teman yang lain mengekspresikan diri, sambil bertambah ilmu. Ilmu dari mana? Selagi kita menulis, banyak informasi yang kita dapat, baik itu muncul sendirinya dari alam bawah sadar, dari searching google, dari blog orang lain, dan masih banyak sumber. Terlebih kalau topiknya berkaitan dengan business + management. Ada manfaat dibalik manfaat!

Jadi, apa yang sebenarnya menjadi hasil positif dari bertugas di Internet?

  • Open the mind, free up the fingers. Berhadapan dengan si Internet membuat pikiran lebih terbuka. Karena banyak yang bisa kita “selami”, kita jadi terstimulasi untuk menghasilkan mahakarya. Jarijari ini akan terpacu untuk berkreasi di atas keyboard. Really, i don’t do hyperbole!
  • It connects knowledge and information. Secara Internet membuat dunia menjadi transparan, hasil karya yang kita buat bisa dinikmati dan menjadi pengetahuan bagi orang lain. Vice versa! Kita juga mendapat banyak ilmu dari hasil karya orang lain kan? Simbiosis mutualisme terjalin
  • Fun method of homework. Siapa yang lebih memilih mengerjakan rumus di buku tulis dibanding berkarya kreatif di blog? Orang aneh, hahahaaha. Tetapi saya dan segenap kru mahasiswa Creativity + Innovation PASTI mengakui homework blogging ini cara yang amatttttttt menyenangkan, walaupun judulnya PR.
Thank you CI, thank you pak agusngger, thank you kak bayu. Thank you mengenalkan saya ke dunia ini!

2 Comments on “bertugas di internet”

  1. Bayu says:

    The pleasure would be ours,
    :’) writing is a blessing.. I never knew writing could be so fun for you. Personally,I’d rather draw.. But like u said.. The higher our education is, the more you write. In my case, I have an obligation to write down my ideas.
    I’m glad to read this post. Cause it kinda motivates me to do more writing (and less tweeting).
    Thank you,and good luck for all of your assignments.

  2. satriyabisniss says:

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://satriyabisniss.wordpress.com/


Leave a Reply

