Teh Walini goes international!

Ini mungkin menjadi posting terakhir saya untuk kuliah Creativity + Innovation. Tapi bukan berarti saya akan berhenti menulis kreatif dan inovatif. Janji pramuka dan janji siswa! WordPress ini akan terus berkarya!

Oke. Post ini untuk UAS CI – business model dari produk lokal Indonesia yang dibentuk sekreatif dan seinovatif mungkin agar siap maju ke arena international. Woohoo!! Siapa produk atau brand yang beruntung? (drumroll…)

Yeah! TEH WALINI is the chosen one!!!! Congratulations!

Why Tea? 

Berdasarkan berbagai riset dunia, termasuk oleh Unilever, teh merupakan minuman ringan favorit di dunia setelah air mineral. Sejak diperkenalkan ribuan tahun yang lalu  oleh Dinasti Sheh Nong di China, minuman teh kini sangat populer menjadi hidangan saat berkumpul. Ditambah dengan khasiat-khasiat yang terkandung untuk kesehatan tubuh apabila diminum secara rutin, seperti meningkatkan fungsi pembuluh darah, memerangi kepenatan, mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kebugaran tubuh, teh menjadi pilihan jutaan warga dunia.

Lihat. Peta di atas menunjukan negara-negara yang meminum teh. Indonesia, Marocco, Egypt, Syria, Pakistan, Iraq, Iran, Afganistan, Dubai, USA, Canada, Poland, Germany, Russian, UK, China, Jepang, Taiwan, India, Srilangka, dan Bangladesh (source: depdag.go.id). Mungkin semakin bertambah, hal ini membuktikan market teh sangat besar di dunia!

and Why Teh Walini?

Teh Walini merupakan produk asli Indonesia yang diproduksi PT Perkebunan Nusantara VIII Bandung. Teh Walini merupakan produk istimewa karena diambil dari pucuk teh berkualitas dan secara khusus diolah tanpa campuran apapun sehingga menghasilkan beragam khasiat untuk kesehatan. Aroma dan cita rasa Teh Walini memberikan kesegaran dan kepuasan tersendiri pagi para peminumnya.

Teh Walini memiliki keunggulan dibanding teh sejenis, seperti terbuat dari bahan baku super berkualitas ekspor yang merupakan perpaduan dari kreativitas olahan para pakar teh di Indonesia. Terdapat pilihan produk seperti teh celup dan teh seduh:

  • Teh Celup Hitam Walini
  • Teh Celup Lemon Walini
  • Teh Celup Jahe Walini
  • Teh Celup Organik Walini
  • Teh Celup Hijau Jepang
  • Teh Seduh Hitam Walini
  • Teh Seduh Hijau Walini

dan beberapa jenis lain. Teh Walini didistribusikan oleh PT. Atri Distribusindo dan Puskopkar PTPN VIII.

Innovation and New Business Model untuk memasuki pasar internasional

Bentuk inovasi yang harus dilakukan Teh Walini adalah adaptasi terhadap market. Tiap area atau negara memiliki karakteristik sendiri. Teh Walini harus membuka lebar-lebar pandangannya agar tidak sempit berkaca pada market Indonesia saja, karena jelas masyarakat kita dan masyarakat luar memiliki budaya dan gaya hidup masing-masing. Berikut merupakan contoh hal-hal yang bisa diterapkan Teh Walini dalam masuk ke kancah international market:

  • English Tea Time 

Black tea adalah jenis teh yang paling populer di Inggris. Dalam hal ini, teh walini tidak perlu rakus dan memenetrasikan seluruh produk teh nya. The authentic black tea walini sudah cukup mewakili Teh Walini secara keseluruhan. Inovasi yang bisa diciptakan adalah produksi baru yang mengadaptasi English-style tea seperti Earl-Grey tea yang memiliki aroma citrus, English Breakfast tea yang suka dicampur dengan susu putih, dan Herb tea yang memiliki varian rasa seperti peppermint, lavender, jasmine, dan banyak lainnya.

  • Chinese Tea Culture

Lain lagi dengan masyarakat Cina yang lebih mengutamakan khasiat. Untuk itu, produksi dan distribusi herbal tea ke negeri Cina akan lebih menguntungkan. Ada kebiasaan unik yang dimiliki masyarakat Cina terhadap teh: mereka biasa memakan fresh tea leaves as vegetables!!! Ya benar! Daun teh!

Kebiasaan ini bisa menjadi opportunity untuk Teh Walini untuk unjuk gigi kualitas pucuk daun teh nya agar secara segar dipasarkan ke Chinese market. Daun teh Indonesia memiliki kualitas yang amat bagus, sehingga teknik pengolahan baru diperlukan untuk mengemas daun teh ini agar siap didistribusikan internasional.

  • Teh Walini Concept Store

Apa yang dimaksud dengan concept store? Dibangunnya Tea Shop atau Tea House menjadi satu poin yang amat atraktif untuk membawa ke-khas an dari Teh Walini sebagai perwakilan teh Indonesia. Dimulai dengan dibangunnya di Indonesia, Teh Walini Tea House harus diseragamkan secara global, baik konsep toko, pilihan warna, ambience dari toko, penyusunan rak dan meja, seragam waiter, dan sebagainya. Penyeragaman ini ditujukan sebagai wujud konsistensi dan pembentukan identitas Teh Walini. Apalagi ketika Teh Walini masuk ke pasar internasional, Teh Walini Tea House harus merepresentasikan Indonesia dengan memancarkan karakteristik dari negara kita ini.

New Breakthrough! Corporation: Teh Walini Corp

Problema yang menurut saya krusial untuk Teh Walini dalam memasarkan produknya sebetulnya adalah pengelolaan Teh Walini di bawah PTPN yang merupakan BUMN, menghambat Teh Walini dalam berkembang di dunia retail. Berbeda dengan perusahaan seperti Coca Cola, PTPN sebagai BUMN tidak terlalu mengerti seluk beluk bisnis eceran. Model birokrasi yang ada dalam BUMN menghambat perkembangan komersil dari Teh Walini.

Teh Walini lebih baik berdiri sendiri menjadi suatu perusahaan yang memang menekuni area komersil atau retail. Tidak masalah apabila dikelola oleh swasta, tetapi tetap membawa nama Indonesia. Bentuk “perusahaan dagang” akan lebih menekuni bisnis dengan pemikiran strategik dan manajemen yang lebih baik.

Consumer Segment

Peminum Teh Walini pada dasarnya tidak terbatas pada karakteristik demografis. Secara gender, baik laki-laki dan perempuan bisa mengkonsumsinya. Secara umur, mungkin ini akan menjadi variasi di tiap region atau negara. Indonesia misalnya, peminum teh memang lebih banyak dewasa dan manula. Walau untuk teh dalam kemasan para remaja cukup banyak yang menggemari. Di Inggris dan beberapa wilayah di Eropa, tidak ada pembatasan secara umur. Tea time menjadi acara yang ditunggu-tunggu tua muda, kakeknenek sampai remaja. Di China, orang tua merupakan target utama peminum teh. Jadi segmen consumer ini disesuaikan berdasarkan target area nya. Secara income, teh, termasuk Teh Walini, bukanlah produk premium. Sebagai komoditas yang telah diproses, Teh Walini dapat dikonsumsi berbagai lapis masyarakat.

Relationship among Tea Drinkers

Ini adalah wujud consumer relationship – antar peminum teh around the world dan antara konsumen dengan Teh Walini Corp. Dibentuknya website Teh Walini yang dapat diakses seluruh penjuru dunia akan menawarkan fungsi world forum yang menjadi ajang give, tell and share mengenai experience mereka setelah mengkonsumsi Teh Walini. Disini juga bisa menjadi sarana masuknya feedback atau informasi baru mengenai tea trend, atau jenis teh yang bisa diinovasikan. Masyarakat dari satu negara bisa mendapat pengetahuan baru mengenai jenis teh yang tidak pernah mereka coba, dan bisa membuka opportunity untuk penetrasi teh jenis tersebut ke negara itu.

We are the tea drinkers — bisa menjadi identitas para peminum Teh Walini. Identitas ini bisa menjadi kebanggaan masing-masing karena mereka mengenal dan peminum aktif dari Teh Walini.

Channels

Secara produk, Teh Walini akan dijual dalam box (isi teh celup) atau kemasan botol atau pack (untuk daun teh) melalui retail partner yang dijalin. Wholesale market, department store, supermarket atau minimarket menjadi channel distribusi Teh Walini ke pasar internasional. Distributor pusat adalah pihak yang menjalin kerjasama dengan Teh Walini, jadi area distribusi secara spesifik akan tergantung wilayah jangkauan distributor pusat di tiap negara tersebut.

Di kota-kota besar, Teh Walini Tea House akan menjadi pilihan yang tidak hanya menjadi tempat hangout minum teh, tetapi juga sebagai tea gallery yang menjual produk-produk Teh Walini. Terlebih lagi, Teh Walini Tea House menawarkan jasa edukasi penyeduhan teh yang baik dan benar.

Value Proposition

When it comes to purity, quality of a leave of tea offers glorious sensation — Teh Walini

Dari pernyataan di atas, Teh Walini menekankan kualitas tinggi dari pucuk daun teh yang segar, menyejukan dan terjamin kebersihannya. Sensasi yang dirasakan dari Teh Walini merupakan sebuah experience bagi para peminumnya. This is the authentic tea!

Key Activities

Teh Walini melakukan penanaman dan pengolahan di Indonesia, tepatnya di Jawa Barat dengan berhektar-hektar luasnya perkebunan teh yang Teh Walini Corp miliki. Untuk memastikan ke-otentik-an dan kesegaran dari seluruh produknya, Teh Walini akan didistribusikan ke luar negeri dalam bentuk telah di package. Quality means everything. Teh Walini harus menjamin kesesuaian mutu yang mereka sebarkan ke berbagai penjuru dunia.

Key Resources

Para pakar teh Indonesia merupakan kunci dari tingginya mutu kualitas Teh Walini. Mereka berperan sebagai tim Research and Development dari Teh Walini. Inovasi baru apa yang akan terus mereka keluarkan dan kenalkan ke pasar lokal maupun internasional.

Para petani teh dan segenap pekerja lain juga sangat berjasa dalam menanam, memetik dan mengolah pucuk daun teh agar tumbuh Teh Walini yang kualitasnya tinggi seperti yang kita kenal.

Key Partners

Pemerintah  merupakan awal dari majunya Teh Walini ke kancah internasional. Dengan dukungan pemerintah, Teh Walini bisa berkembang dan terus berinovasi. Partner internasional yaitu para distributor di berbagai negara adalah kunci sukses penetrasi Teh Walini ke market international.

Cost Structure


  • Production Cost. Seiring dengan semakin luasnya area yang harus dipenuhi, cost produksi akan semakin tinggi. Semakin luasnya lahan yang digarap, semakin banyaknya petani dan pekerja yang digaji.
  • Shipping Cost. Biaya distribusi dari Indonesia ke key partner di negara lain.
  • Penetration Cost. Ini merupakan biaya untuk membangun Teh Walini Tea House dan expense memarketkan produk Teh Walini ke negara-negara.

Revenue Stream: A Cycle of Continuous Improvement

Pendapatan yang diterima perusahaan berasal dari sales lokal dan internasional. Untuk internasional, distributor di tiap negara akan menyetor pemasukan dengan term kontrak yang sebelumnya disepakati. Tidak hanya sebagai profit belaka. Pendapatan akan terus diinvestasikan untuk kesejahteraan para petani dan pekerja, Research and Development untuk terus berinovasi dan social responsibility kepada masyarakat.

Conclusion

Teh Walini adalah salah satu dari produk-produk asli Indonesia yang memiliki nilai mutu tinggi. Dengan jenis produk yang telah dikenal masyarakat dunia (teh), Teh Walini akan dengan mudah masuk ke market internasional dengan sedikit penyesuaian dalam hal ini adaptasi kultural untuk menawarkan jenis teh yang sesuai dengan karakteristik tiap negara.

Manajemen dan bisnis dari Teh Walini lebih tertata dengan terbentuknya perusahaan dagang Teh Walini tersendiri. Disini akan lebih terstruktur, dimulai dari Research and Development, Operation dan Marketing ke segala penjuru dunia.

Teh Walini akan menawarkan special tea experience dengan dibangunnya Teh Walini Tea House dan terjalin worldwide sharing and communication dengan adanya tea forum.

Teh Walini akan terus belajar dan terus berinovasi. Because they serve world society, with purity, quality and experience.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s