8th Semester mb4048

Wow jujur saya kira persembahan untuk MB 4048 alias kelas Creativity + Innovation adalah tulisan tentang Teh Walini di bawah. Tapi tidak! Mari kita menulis inti – summary – abstrak – atau apa sajalah bahasanya, tentang kelas CI selama 1 semester ini. Yeah!

Saya kira pelajaran ini seperti kuis teka teki. Tapi ada kalimat yang lebih bagus untuk mendeskripsikannya…

BRAIN TRAINING!

Kelas ini tidak hanya mendidik, tapi juga menghibur. Kalau banyak mahasiswa atau pelajar yang bilang kita masuk kelas untuk menguras otak dan tenaga, bikin pusing, dan sebagainya. Tapi saya membuat pengecualian untuk kelas Creativity + Innovation di SBM ITB. Disini otak kita dilatih dan hasilnya bukan lelah atau pusing, melainkan fun, refreshed and entertained.

Secara keseluruhan, yang saya pelajari di mata kuliah ini adalah bagaimana berpikir dan menyalurkan pikiran kita yang kreatif dan membangun inovasi. Tapi mari kita bahas satu demi satu!

1. Creative Thinking! Think deep, imaginative, artistic, expressive and INNOVATIVE!

Mencurahkan segala potensi kreatif yang kita punya di dalam otak. Setiap individu pasti memiliki potensi ini, namun tidak semua orang mau mengasah dan mengeksplorasinya. Keluarkan semuanya! Imajinasi, khayalan, mimpi, goal hidup, keluarkan!

Hasilkan sesuatu dari imajinasi dan mimpi tersebut. Tidak ada benar atau salah. Logis atau tidak. Semuanya mungkin : D

Dalam kuliah ini, selalu di highlight tentang berani berpikir. Kata berani tidak hanya berarti dalam tindakan – berani mati misalnya. Bukan, bukan seperti itu. Berani berpikir. Pasti dianggap sepele, karena kalian menganggap berpikir itu hal yang mudah. Hei hei kata siapa mudah? Kalau mudah, kita mungkin sudah bisa membuat perusahaan Apple seperti Steve Jobs.

Nah, jadi Pak Apiq + Kak Bayu meng-encourage kita untuk mengembangkan imajinasi kita. Dulu saja, kak Bayu pernah menyuruh kita mengimajinasikan alas kaki. Nah loh. Semua pasti mikirnya sendal atau sepatu. Heeeeeeei, keset juga bisa jadi alas kaki. Lantai juga alas kaki. Ya bukan? Pernah juga beberapa kali video Docomo ditayangkan. Kita mungkin menganggapnya “mengkhayal saja”. Tapi itu tindakan pesimis yang membatasi kerja otak kita. Segalanya itu mungkin. Docomo akan segera membuktikan kemungkinan itu – yang tentu saja menguntungkan seluruh dunia.

2. Writing facilitates the flow of ideas

Menulis adalah sesuatu yang FUN. Itu adalah jaminan dari kelas CI ini. Dijamin, mantan mahasiswa nya adalah penulis-penulis handal yang menghasilkan mahakarya kata-kata dalam blognya.

Hasil tulisan itu tidak sebatas setoran nilai kuliah. Tulisan (atau ketikan) kita adalah informasi yang bisa menjadi pengetahuan bagi orang lain. Melalui menulis, kita dilatih tidak hanya menyalurkan ide-ide di kepala menjadi sesuatu yang terbaca. Tapi juga kita dilatih untuk berbagi – sharing ideas, brainstorming and acknowledge others.

3. Creativity + Innovation and Its’ Relation to Business

Mungkin ada juga yang bertanya-tanya apa hubungannya pelajaran ini dan gunanya apa dengan kita si anak-anak bisnis dan manajemen? Hello people, ini memiliki hubungan sejelas itu loh! Mari kita ulas lagi ya.

Design Thinking –> Teh Botol Sosro + Aqua

Business Model –> Teh Walini siap go international

Innovative –> Thousands of innovative-based company; e.g. Google, Apple, Facebook

Lihat contoh-contoh di atas. Ada kan kaitannya? Jelassss bukan? Nah jadi selama 1 semester ini kita berpikir kreatif, mengembangkan sisi inovatif, semuanya ada kaitannya dengan kebisnisan dan kemanajemenan kita. Seru sekali loh kalau dipikir lebih lanjut. Jika mau detail-detail dari poin-poin di atas, baca post saya terdahulu! Oke?

4. Learn to have a SERIOUS FUN

Benar deh. Kita dituntut untuk serius dalam segala hal. Intinya, jangan main-main. Tapi disini kita juga dituntut untuk have fun. Jadi semua pekerjaan dan tindakan yang kita lakukan itu atas dasar joy and pleasure. Seperti sekarang ini, saya menulis UAS tapi senang-senang aja tuh. Menulis udah jadi hal yang fun. Hahaha!

In the end…

Saya belajar banyak hal dari kuliah ini. Ada yang kesannya ecek-ecek seperti “apa arti nama kamu”. Ada juga yang kesannya berat seperti “create a business model”. Tapi sungguhan, semuanya adalah wujud usaha dari pengembangan kreativitas dan menjadi orang yang inovatif. Seriously!

Di akhir kata, saya mau mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Tidak hanya karena ilmu dan fun yang diberikan. Tapi juga karena sudah dikenalkan dengan Pak Agus Nggermanto alias Pak Apiq (semoga sukses terus pelatihan matematika nya pak! Ditunggu buku-buku keluarannya!), Kak Bayuningrat (orang desain nyasar ke SBM tapi beneran deh kak perpaduan itu mahakarya banget. Super cool kak bayu!), juga 2 dosen tamu Kak Adi Panuntun (megamind of video mapping) dan Pak Budi Rahardjo (ngocol abis gayanya. Hidup IT, Business and Rock n Roll!).

Thank you!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s